Thursday, June 26, 2008

JADAH TEMPE

Jadah Tempe, Ketika Gurih Bertemu Manis

Daerah wisata Kaliurang di lereng Gunung Merapi mungkin jauh lebih terkenal daripada makanan yang satu ini: jadah dan tempe. Dan ngomong-ngomong soal Yogyakarta, tentu saja lebih banyak orang yang tahu tentang gudeg. Jadah merupakan makanan yang terbuat dari nasi ketan dan memiliki rasa yang gurih. Bisa menjadi gurih karena ada campuran kelapa parut juga disana. Untuk menikmatinya, bisa ditemani dengan tempe rebus, kalau orang Jawa bilang, tempe bacem yang rasanya manis.

Jadah Tempe

Nah, selain terkenal dengan daerah wisatanya, Kaliurang juga terkenal dengan makanan ini. Bahkan kadang jadah tempe ini bisa menjadi syarat oleh-oleh bagi mereka yang baru saja mengunjungi Kaliurang. Jika Anda mengunjungi Kaliurang, penjaja makanan ini bisa ditemu diengan mudah mulai daerah parkir wisata kaliurang, maupun sebelum pintu masuk hutan wisata. Untuk menikmati makanan ini, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Anda bisa beli Rp. 3.000,00 atau Rp. 4.000,00 saja sudah cukup untuk dinikmati oleh 2-3 orang. Kalau ingin lebih, tinggal nambah saja…

Banyak pula yang mengatakan kalau makanan ini cenderung sederhana. Bayangkan saja, “hanya” olahan nasi ketan dengan kelapa dinikmati bersama tempe rebus (bacem). Sangat biasa memang. Namun, jika Anda mencoba untuk menikmati makanan tersebut dengan memadukan keduanya… Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa rasa bisa menjadi sangat enak.

Oh ya, lalu apakah harus jauh datang ke Kaliurang untuk membeli makanan ini? Tidak juga. Di pasar tradisional, jika Anda beruntung, Anda bisa juga mendapatkannya dengan harga yang relatif sama.

Eh, satu lagi sensasi yang ditawarkan oleh makanan ini. Selain dinikmati bersama dengan tempe rebus, jadah ketan ini enak juga dinikmati setelah dibakar. Kalau awalnya “jadah tempe”, bisa saja tiba-tiba menjadi “jadah bakar”. Kalau sudah dibakar, mungkin tidak begitu cocok jika dipadukan dengan tempe. Akan lebih nikmat jika ditemani dengan segelas teh atau kopi.

Layak dicoba!

No comments: